Langsung ke konten utama

RPP kurikulum 2013 Hukum Newton 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERTEMUAN KE 1
Satuan Pendidikan             : SMA
Mata Pelajaran                  : Fisika
Kelas / Semester               : X / Ganjil
Materi Pokok                    :Hukum  Newton dan Penerapannya
Sub Materi Pokok             : Hukum Newton 1
Alokasi Waktu                   : 1 x 25 Menit
A.    KOMPETENSI INTI
KI 1.                Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
1.1.1.       Mengenali dan Mengagumi kebesaran Tuhan melalui pengamatan gerak benda di alam sekitar
2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.1.1.      Melaksanakan tugas individu dengan baik.
2.1.2.      Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
2.1.3.      Aktif dalam kerja kelompok.
2.1.4.      Mengerjakan serta mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang di tentukan.
3.7Menganilisis kelembaman, dan gaya pada suatu benda.
3.7.1 Menjelaskan konsep kelembaman benda.
3.7.2 Menjelaskan Hukum 1 Newton.
3.7.3 Menerapkan Hukum 1 Newton dalam memecahkan masalah sehari-hari.
 4.2.Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki kelembaman, dan gaya pada suatu benda.
4.2.1 Melakukan percobaan Hukum I Newton.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gaya dalam kaitannya dengan hukum I Newton.
2. Peserta didik dapat melakukan kegiatan pengamatan kelembaman benda secara teliti, jujur, dan bertanggung jawab.
3. Peserta didik dapat menjelaskan konsep Hukum I Newton.
4. Peserta didik dapat merancang percobaan lain mengenai Hukum I Newton.
D.    MATERI PEMBELAJARAN
Kategori
Materi Pembelajaran
Fakta
Kita akan merasa terdorong ke depan saat berada di dalam sebuah mobil yang melaju kencang kemudian direm dengan tiba-tiba. Hal itu dikarenakan tubuh kita cenderung mempertahankan keadaannya.
Konsep
Gaya
Prinsip
Hukum 1 Newton
Prosedur
Melaksanakan Percobaan
  
E.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran: Scientific
Model Pembelajaran   : Cooperative Learning
Metode Pembelajaran : Eksperimen, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.        Media
·      File Materi dalam Powerpoint
·      Perangkat Simulasi
·      Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
2.        Alat/Bahan
·      Papan Tulis
·      Proyektor
·      Meja
·      Selembar kertas
·       Gelas plastik
3.      Sumber Pembelajaran
·       Buku Fisika SMA Kelas X (Marthen Kanginan)
·       Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Aktivitas
Pengelolaan Siswa
Alokasi
Waktu
(Menit)
Pendidik
Peserta Didik
Pendahuluan
Ø Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran).
Ø Semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinannnya masing-masing
Klasikal
2 Menit
Ø  Guru melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
Pertanyaan:
“Apakah ada yang tidak hadir?”
Ø Peserta didik  menyampaikan kehadirannya.
Jawaban Ideal:
“Peserta didik menjawab sesuai kondisi yang ada.”
Klasikal
1 Menit
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.
Pertanyaan (Quis 1):
“Tuliskan kembali tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini minimal 3?”
Ø Peserta didik memahami tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai.
Jawaban Ideal:
“Terlampir pada rubik penilaian sikap, sebagai quiz 1”
Individu
Sikap Sosial
-Disiplin
-Responsif
3 Menit
Inti
Mengamati
Ø  Menunjukan simulasi/ilustrasi keseimbangan/kelembaman.
Pernyataan:
“Sekarang ibu akan menampilkan ilustrasi”.
Pertanyaan (Quiz 2):
“Perhatikan gambar tersebut, ada tumpukan batu yang menunjukan konsep keseimbangan dan kelembaman secara bersamaan. Faktor apa yang menyebabkan tumpukan batu  tersebut seimbang dan lembam?”
Quiz 3:
“Apa yang di maksud dengan gaya?”
Quiz 4:
“Sebutkan 4 macam akibat dari perubahan gaya?”

Mengamati
Ø Peserta didik mengamati simulasi / ilustrasi keseimbangan/kelembaman..
Tanggapan:
Peserta didik menjawab “Iya Bu”.
Jawaban ideal:
“Terlampir pada rubik penilaian pengetahuan, sebagai quiz 2, 3 dan 4”
Klasikal
Individu
-Pengetahuan
3 Menit
Menanya
Ø  Memberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan guna merumuskan masalah.
Pertanyaan “Quiz 5”:
“Tuliskan pertanyaan yang ingin kalian tanyakan berkaitan dengan ilustrasi tersebut”.
Menanya
Ø Peserta didik membuat pertanyaan-pertanyaan dari hasil pengamatan mengenai gaya.
Jawaban Ideal:
“Peserta didik dapat membuat pertanyaan minimal 2 pertanyaan”.
Individu
-Sikap sosial
-Rasa ingin tahu
2 Menit
Mengeksplorasi
Ø  Membagi peserta didik dalam kelompok kecil 3-4 orang.
Ø  Membagi LKPD pada setiap kelompok.
Pernyataan:
Perhatikan demontrasi yang ibu lakukan.
Pertanyaan:
“Jawablah setiap pertanyaan yang tertera dalam LKPD”.


.
Mencoba
Ø Peserta didik di bagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 3-4 orang
Tanggapan:
“Iya Bu”
Jawaban Ideal:
Terlampir pada rubik penilaian pengetahuan, sebagai kunci jawaban LKPD”
Kelompok
-Pengetahuan
5 Menit
Mengasosiasi
Ø  Mengarahkan peserta didik agar dapat mengolah data atau hasil diskusi menadi rancangan presentasi.
Pertanyaan(LKPD) (Quiz 6):
“Dalam LKPD terdapat perintah untuk menyimpulkan dari pertanyaan maupun jawaban yang ada dalam LKPD. Coba Tulis ringkasan tersebut dalam masing-masing lembar quiz yang ibu berikan”.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik dapat menyimpulkan pertanyaan dan jawaban yang terdapat dalam LKPD.
Jawaban Ideal:
Terlampir pada rubik penilaian pengetahuan, sebagai kunci jawaban LKPD”
Individu
-Keterampilan
2 Menit
Mengomunikasikan
Ø  Memberikan kesempatan untuk tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan mendemonstrasikan percobaan untuk membuktikan hukum 1 Newton.
Perintah:
Coba jelaskan hasil pengisian LKPD kelompok anda dan demonstrasikanlah!
Mengomunikasikan
Ø Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatan diskusi di depan kelas.
Jawaba Ideal:
Terlampir pada rubik penilaian pengetahuan”
Kelompok -Keterampilan

3 Menit
Penutup
Ø  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik.
Ø Peserta didik bertepuk tangan memberikan  penghargaan kepada temannya.
Klasikal
1 Menit
Ø Menyimpulkan pembelajaran
Petanyaan (Quiz 7)
“Apa manfaat dari pembelajaran tadi dengan kehidupan sehari-hari?”
Ø Peserta didik dengan sikap tanggung jawab, jujur dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
Jawaban Ideal:
“Peserta didik minimal dapat menyebutkan 3 manfaat pembelajaran yang telah disampaikan”
Klasikal
-Sikap Spritual
1 Menit
Ø Memberikan penguatan apabila peserta didik mengalami miskonsepsi pada materi yang disampaikan hari ini (berupa vidio, dan dapat dinyanyikan bersama supaya peserta didik dapat mudah mengingat)
Ø Dengan sikap responsif dan santun peserta didik mendengarkan vidio yang di berikan guru.
Klasikal

3 Menit
Ø  Mengajak peserta didik untuk berdoa setelah meksanakan pembelajaran.
Ø Peserta didik berdoa untuk menutup kegiatan pembelajaran.
Klasikal
1 Menit
G.    PENILAIAN
1.      Jenis dan Teknik Penilaian
No
Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
1
·         Lembar Penilaian Pengetahuan
Terlampir (Mengisi LKPD, Quiz 2, 3, 4)
2
·         Lembar Penilaian Aspek Spiritual
Terlampir (Quiz 7)
3
·         Lembar Penilaian Aspek Keterampilan
Terlampir (Quiz 6)
4
·         Lembar Penilaian Aspek Sosial
Terlampir (Quiz 1, 5)
2. Bentuk Instrumen
A. Jenis                              : Pengetahuan
Teknik / metode penilaian : Jawaban Quiz 2,3,4
Bentuk Instrumen              : Quiz
Rubik Penilaian                  :
Kriteria Penilaian
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Quiz 2
Pesertadidik menjawab dengan benar, dan jelas
Pesertadidik menjawab dengan benar tetapi singkat
Pesertadidik menjawab sedikit benar
Peserta didik menjawab salah



Quiz 3
Pesertadidik menjawab dengan benar, dan jelas
Pesertadidik menjawab dengan benar tetapi singkat
Pesertadidik menjawab sedikit benar
Peserta didik menjawab salah

Quiz 4
Pesertadidik menjawab dengan benar, dan jelas
Pesertadidik menjawab dengan benar tetapi singkat
Pesertadidik menjawab sedikit benar
Peserta didik menjawab salah

Lampiran Jawaban Ideal:
Seimbang => Ada suatu “faktor” internal dari dalam batu yang menjaga batu tidak bergerak. Sedangkan Lembam => “malas” (inert), artinya batu tersebut akan tetap selamanya begitu jika tidak diganggu “faktor” eksternal dari luar. Faktor tersebut adalah Gaya.
 
Quiz 2:                               
Quiz 3:
Gaya adalah suatu dorongan atau tarikan.
Quiz 4:
Gaya dapat mengakibatkan perubahan – perubahan sebagai berikut :
1) benda diam menjadi bergerak
2) benda bergerak menjadi diam
3) bentuk dan ukuran benda berubah
4) arah gerak benda berubah
No
Nama Peserta Didik
Quiz 2
Quiz 3
Quiz 4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Anisa K












2
Ardiansyah












3
Arief M












4
Ayuna H












5
Dede M












6
Desi PS












7
Desi S












8
Devi N












9
Dewi N












10
Dina R












Nilai Pengetahuan 1 = ( Jumlah skor diperoleh :12) x 100
Terlampir LKPD
LEMBAR KERJA SISWA
A.      Kompetensi Inti   :
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
B.       Kompetensi Dasar : Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus.
C.       Kelas / Semester     : X / 1
D.      Nama Percobaan    :  Gelas diatas kertas
E.       Tujuan Percobaan  : Mendemonstrasikan kelembaman untuk membuktikan Hukum 1 Newton
F.        Dasar Teori
Hukum I Newton yang berbunyi:
“Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.” Secara matematis dinyatakan sebagai berikut ini : 𝐹 = 0)

G.      Alat / Bahan yang digunakan
·         Meja
·         Selembar kertas
·         Gelas plastik
H.      Langkah- Langkah Percobaan :
1.      Letakkan selembar kertas di atas meja!
2.      Letakkan gelas di atas selembar kertas tersebut!
3.      Tariklah kertas tersebut dengan cepat! Apa yang terjadi dengan gelas tersebut? Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
 Arif Wicaksono | Modul Pembelajaran Fisika Kelas XI Semester 1 1
KEGIATAN I
PERCOBAAN HUKUM I NEWTON
A. JUDUL : Percobaan ...
..............................................................................................................................................
Jawaban: Benda tersebut akan bertahan dan tetap karena benda yang mulanya diam akan tetap diam, selama tidak ada gaya yang mempengaruhinya seperti bunyi hukum newton 1 bahwa“Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.”
4.      Ulangi langkah kegiatan 1 dan 2 5. Taiklah kertas tersebut dengan perlahan! apa yang terjadi dengan gelas tersebut? Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jawaban: Jika gelas tersebut di tarik perlahan maka benda tersebut akan mengikuti nya karena benda yang mulanya bergerak akan terus bergerak lurus beraturan.
5.      Jika gelas tersebut di tambah, apakah saat kertas ditarik dengan cepat air di dalam gelas akan jatuh (pecah)?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jawaban: Jika semakin banyak gelas yang diberikan maka total dari massa yang di atas kertas semakin besar itu artinya inersia totas dari gelas tersebut akan besar pula
6.      Buatlah kesimpulan dari kegiatan di atas!
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jawaban Ideal:
Semakin lengkap kesimpulan atau dari pertanyaai  3 sampai 5 di gabungkan.
Aspek
Skor
Melakukan demontrasi secara langsung
10
Mengisi soal-soal secara benar dan lengkap dari no 3-5
20
Mengisi atau menjelaskan kembali kesimpulan secara lengkap
20
Skor Pengetahuan = ( (Skor P1+P2):150) x 100


B. Jenis                               : Spiritual
Teknik / metode penilaian : Jawaban Quiz 7
Bentuk Instrumen              : Quiz
Rubik Penilaian                  :
Kriteria/Penilaian
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Perilaku Syukur
Peserta didik dapat menyebutkan 4 manfaat pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan 3 manfaat pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan 2 manfaat pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan 1 manfaat pembelajaran
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Selalu melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Sering melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Kadang-kadang melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Tidak melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Nilai Sikap = (Jumlah skor diperoleh :8) x 4
No
Nama Peserta Didik
Perilaku Syukur
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Anisa K








2
Ardiansyah








3
Arief M








4
Ayuna H








5
Dede M








6
Desi PS








7
Desi S








8
Devi N








9
Dewi N








10
Dina R









C. Jenis                               : Keterampilan
Teknik / metode penilaian : Jawaban Quiz 6
Bentuk Instrumen              : Quiz
Rubik Penilaian                  :
Kriteria Penilaian
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Quiz 5
Pesertadidik menjawab dengan benar, dan jelas
Pesertadidik menjawab dengan benar tetapi singkat
Pesertadidik menjawab sedikit benar
Peserta didik menjawab salah



Nilai Keterampilan = (jumlah skor diperoleh : 4) x 100
No
Nama Peserta Didik
Quiz 5
1
2
3
4
1.
Anisa K




2
Ardiansyah




3
Arief M




4
Ayuna H




5
Dede M




6
Desi PS




7
Desi S




8
Devi N




9
Dewi N




10
Dina R





D. Jenis                              : Aspek Sosial
Teknik / metode penilaian : Jawaban Quiz 1 dan 5
Bentuk Instrumen              : Quiz
Rubik Penilaian                  :
Kriteria Penilaian
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Disiplin dan Responsif
Pesertadidik dapat menyebutkan 3 tujuan pembelajaran secara lengkap
Pesertadidik dapat menyebutkan 3 tujuan pembelajaran
Pesertadidik dapat menyebutkan 2 tujuan pembelajaran
Pesertadidik dapat menyebutkan 1 tujuan pembelajaran


Rasa ingin tahu
Pesertadidik dapat membuat minimal 4 pertanyaan tentang ilustrasi
Pesertadidik dapat membuat minimal 3 pertanyaan tentang ilustrasi
Pesertadidik dapat membuat minimal 2 pertanyaan tentang ilustrasi
Pesertadidik dapat membuat minimal 1 pertanyaan tentang ilustrasi
Nilai Sikap = (jumlah skor di peroleh : 8) x 100
No
Nama Peserta Didik
Disiplin dan Responsif
(Quiz 1)
Rasa Ingin Tahu
(Quiz 4)
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Anisa K








2
Ardiansyah








3
Arief M








4
Ayuna H








5
Dede M








6
Desi PS








7
Desi S








8
Devi N








9
Dewi N








10
Dina R



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERTEMUAN KE 1
Satuan Pendidikan           : SMA
Mata Pelajaran                 : Fisika
Kelas / Semester               : X / Ganjil
Materi Pokok                   :Hukum  Newton dan Penerapannya
Sub Materi Pokok            : Hukum Newton 1
Alokasi Waktu                 : 1 x 25 Menit
A.    KOMPETENSI INTI
KI 1.                Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
1.1.1.       Mengenali dan Mengagumi kebesaran Tuhan melalui pengamatan gerak benda di alam sekitar
2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.1.1.      Melaksanakan tugas individu dengan baik.
2.1.2.      Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
2.1.3.      Aktif dalam kerja kelompok.
2.1.4.      Mengerjakan serta mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang di tentukan.
3.7Menganilisis kelembaman, dan gaya pada suatu benda.
3.7.1 Menjelaskan konsep kelembaman benda.
3.7.2 Menjelaskan Hukum 1 Newton.
3.7.3 Menerapkan Hukum 1 Newton dalam memecahkan masalah sehari-hari.
 4.2.Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki kelembaman, dan gaya pada suatu benda.
4.2.1 Melakukan percobaan Hukum I Newton.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gaya dalam kaitannya dengan hukum I Newton.
2. Peserta didik dapat melakukan kegiatan pengamatan kelembaman benda secara teliti, jujur, dan bertanggung jawab.
3. Peserta didik dapat menjelaskan konsep Hukum I Newton.
4. Peserta didik dapat merancang percobaan lain mengenai Hukum I Newton.
D.    MATERI PEMBELAJARAN
Kategori
Materi Pembelajaran
Fakta
Kita akan merasa terdorong ke depan saat berada di dalam sebuah mobil yang melaju kencang kemudian direm dengan tiba-tiba. Hal itu dikarenakan tubuh kita cenderung mempertahankan keadaannya.
Konsep
Gaya
Prinsip
Hukum 1 Newton
Prosedur
Melaksanakan Percobaan
  
E.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran: Scientific
Model Pembelajaran   : Cooperative Learning
Metode Pembelajaran : Eksperimen, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.        Media
·      File Materi dalam Powerpoint
·      Perangkat Simulasi
·      Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
2.        Alat/Bahan
·      Papan Tulis
·      Proyektor
·      Meja
·      Selembar kertas
·       Gelas plastik
3.      Sumber Pembelajaran
·       Buku Fisika SMA Kelas X (Marthen Kanginan)
·       Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Aktivitas
Pengelolaan Siswa
Alokasi
Waktu
(Menit)
Pendidik
Peserta Didik
Pendahuluan
Ø Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran).
Ø Semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinannnya masing-masing
Klasikal
2 Menit
Ø  Guru melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
Pertanyaan:
“Apakah ada yang tidak hadir?”
Ø Peserta didik  menyampaikan kehadirannya.
Jawaban Ideal:
“Peserta didik menjawab sesuai kondisi yang ada.”
Klasikal
1 Menit
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.
Pertanyaan (Quis 1):
“Tuliskan kembali tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini minimal 3?”
Ø Peserta didik memahami tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai.
Jawaban Ideal:
“Terlampir pada rubik penilaian sikap, sebagai quiz 1”
Individu
Sikap Sosial
-Disiplin
-Responsif
3 Menit
Inti
Mengamati
Ø  Menunjukan simulasi/ilustrasi keseimbangan/kelembaman.
Pernyataan:
“Sekarang ibu akan menampilkan ilustrasi”.
Pertanyaan (Quiz 2):
“Perhatikan gambar tersebut, ada tumpukan batu yang menunjukan konsep keseimbangan dan kelembaman secara bersamaan. Faktor apa yang menyebabkan tumpukan batu  tersebut seimbang dan lembam?”
Quiz 3:
“Apa yang di maksud dengan gaya?”
Quiz 4:
“Sebutkan 4 macam akibat dari perubahan gaya?”

Mengamati
Ø Peserta didik mengamati simulasi / ilustrasi keseimbangan/kelembaman..
Tanggapan:
Peserta didik menjawab “Iya Bu”.
Jawaban ideal:
“Terlampir pada rubik penilaian pengetahuan, sebagai quiz 2, 3 dan 4”
Klasikal
Individu
-Pengetahuan
3 Menit
Menanya
Ø  Memberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan guna merumuskan masalah.
Pertanyaan “Quiz 5”:
“Tuliskan pertanyaan yang ingin kalian tanyakan berkaitan dengan ilustrasi tersebut”.
Menanya
Ø Peserta didik membuat pertanyaan-pertanyaan dari hasil pengamatan mengenai gaya.
Jawaban Ideal:
“Peserta didik dapat membuat pertanyaan minimal 2 pertanyaan”.
Individu
-Sikap sosial
-Rasa ingin tahu
2 Menit
Mengeksplorasi
Ø  Membagi peserta didik dalam kelompok kecil 3-4 orang.
Ø  Membagi LKPD pada setiap kelompok.
Pernyataan:
Perhatikan demontrasi yang ibu lakukan.
Pertanyaan:
“Jawablah setiap pertanyaan yang tertera dalam LKPD”.


.
Mencoba
Ø Peserta didik di bagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 3-4 orang
Tanggapan:
“Iya Bu”
Jawaban Ideal:
Terlampir pada rubik penilaian pengetahuan, sebagai kunci jawaban LKPD”
Kelompok
-Pengetahuan
5 Menit
Mengasosiasi
Ø  Mengarahkan peserta didik agar dapat mengolah data atau hasil diskusi menadi rancangan presentasi.
Pertanyaan(LKPD) (Quiz 6):
“Dalam LKPD terdapat perintah untuk menyimpulkan dari pertanyaan maupun jawaban yang ada dalam LKPD. Coba Tulis ringkasan tersebut dalam masing-masing lembar quiz yang ibu berikan”.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik dapat menyimpulkan pertanyaan dan jawaban yang terdapat dalam LKPD.
Jawaban Ideal:
Terlampir pada rubik penilaian pengetahuan, sebagai kunci jawaban LKPD”
Individu
-Keterampilan
2 Menit
Mengomunikasikan
Ø  Memberikan kesempatan untuk tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan mendemonstrasikan percobaan untuk membuktikan hukum 1 Newton.
Perintah:
Coba jelaskan hasil pengisian LKPD kelompok anda dan demonstrasikanlah!
Mengomunikasikan
Ø Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatan diskusi di depan kelas.
Jawaba Ideal:
Terlampir pada rubik penilaian pengetahuan”
Kelompok -Keterampilan

3 Menit
Penutup
Ø  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik.
Ø Peserta didik bertepuk tangan memberikan  penghargaan kepada temannya.
Klasikal
1 Menit
Ø Menyimpulkan pembelajaran
Petanyaan (Quiz 7)
“Apa manfaat dari pembelajaran tadi dengan kehidupan sehari-hari?”
Ø Peserta didik dengan sikap tanggung jawab, jujur dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
Jawaban Ideal:
“Peserta didik minimal dapat menyebutkan 3 manfaat pembelajaran yang telah disampaikan”
Klasikal
-Sikap Spritual
1 Menit
Ø Memberikan penguatan apabila peserta didik mengalami miskonsepsi pada materi yang disampaikan hari ini (berupa vidio, dan dapat dinyanyikan bersama supaya peserta didik dapat mudah mengingat)
Ø Dengan sikap responsif dan santun peserta didik mendengarkan vidio yang di berikan guru.
Klasikal

3 Menit
Ø  Mengajak peserta didik untuk berdoa setelah meksanakan pembelajaran.
Ø Peserta didik berdoa untuk menutup kegiatan pembelajaran.
Klasikal
1 Menit
G.    PENILAIAN
1.      Jenis dan Teknik Penilaian
No
Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
1
·         Lembar Penilaian Pengetahuan
Terlampir (Mengisi LKPD, Quiz 2, 3, 4)
2
·         Lembar Penilaian Aspek Spiritual
Terlampir (Quiz 7)
3
·         Lembar Penilaian Aspek Keterampilan
Terlampir (Quiz 6)
4
·         Lembar Penilaian Aspek Sosial
Terlampir (Quiz 1, 5)
2. Bentuk Instrumen
A. Jenis                              : Pengetahuan
Teknik / metode penilaian : Jawaban Quiz 2,3,4
Bentuk Instrumen              : Quiz
Rubik Penilaian                  :
Kriteria Penilaian
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Quiz 2
Pesertadidik menjawab dengan benar, dan jelas
Pesertadidik menjawab dengan benar tetapi singkat
Pesertadidik menjawab sedikit benar
Peserta didik menjawab salah



Quiz 3
Pesertadidik menjawab dengan benar, dan jelas
Pesertadidik menjawab dengan benar tetapi singkat
Pesertadidik menjawab sedikit benar
Peserta didik menjawab salah

Quiz 4
Pesertadidik menjawab dengan benar, dan jelas
Pesertadidik menjawab dengan benar tetapi singkat
Pesertadidik menjawab sedikit benar
Peserta didik menjawab salah

Lampiran Jawaban Ideal:
Seimbang => Ada suatu “faktor” internal dari dalam batu yang menjaga batu tidak bergerak. Sedangkan Lembam => “malas” (inert), artinya batu tersebut akan tetap selamanya begitu jika tidak diganggu “faktor” eksternal dari luar. Faktor tersebut adalah Gaya.
 
Quiz 2:                               
Quiz 3:
Gaya adalah suatu dorongan atau tarikan.
Quiz 4:
Gaya dapat mengakibatkan perubahan – perubahan sebagai berikut :
1) benda diam menjadi bergerak
2) benda bergerak menjadi diam
3) bentuk dan ukuran benda berubah
4) arah gerak benda berubah
No
Nama Peserta Didik
Quiz 2
Quiz 3
Quiz 4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Anisa K












2
Ardiansyah












3
Arief M












4
Ayuna H












5
Dede M












6
Desi PS












7
Desi S












8
Devi N












9
Dewi N












10
Dina R












Nilai Pengetahuan 1 = ( Jumlah skor diperoleh :12) x 100
Terlampir LKPD
LEMBAR KERJA SISWA
A.      Kompetensi Inti   :
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
B.       Kompetensi Dasar : Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus.
C.       Kelas / Semester     : X / 1
D.      Nama Percobaan    :  Gelas diatas kertas
E.       Tujuan Percobaan  : Mendemonstrasikan kelembaman untuk membuktikan Hukum 1 Newton
F.        Dasar Teori
Hukum I Newton yang berbunyi:
“Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.” Secara matematis dinyatakan sebagai berikut ini : 𝐹 = 0)

G.      Alat / Bahan yang digunakan
·         Meja
·         Selembar kertas
·         Gelas plastik
H.      Langkah- Langkah Percobaan :
1.      Letakkan selembar kertas di atas meja!
2.      Letakkan gelas di atas selembar kertas tersebut!
3.      Tariklah kertas tersebut dengan cepat! Apa yang terjadi dengan gelas tersebut? Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
 Arif Wicaksono | Modul Pembelajaran Fisika Kelas XI Semester 1 1
KEGIATAN I
PERCOBAAN HUKUM I NEWTON
A. JUDUL : Percobaan ...
..............................................................................................................................................
Jawaban: Benda tersebut akan bertahan dan tetap karena benda yang mulanya diam akan tetap diam, selama tidak ada gaya yang mempengaruhinya seperti bunyi hukum newton 1 bahwa“Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.”
4.      Ulangi langkah kegiatan 1 dan 2 5. Taiklah kertas tersebut dengan perlahan! apa yang terjadi dengan gelas tersebut? Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jawaban: Jika gelas tersebut di tarik perlahan maka benda tersebut akan mengikuti nya karena benda yang mulanya bergerak akan terus bergerak lurus beraturan.
5.      Jika gelas tersebut di tambah, apakah saat kertas ditarik dengan cepat air di dalam gelas akan jatuh (pecah)?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jawaban: Jika semakin banyak gelas yang diberikan maka total dari massa yang di atas kertas semakin besar itu artinya inersia totas dari gelas tersebut akan besar pula
6.      Buatlah kesimpulan dari kegiatan di atas!
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jawaban Ideal:
Semakin lengkap kesimpulan atau dari pertanyaai  3 sampai 5 di gabungkan.
Aspek
Skor
Melakukan demontrasi secara langsung
10
Mengisi soal-soal secara benar dan lengkap dari no 3-5
20
Mengisi atau menjelaskan kembali kesimpulan secara lengkap
20
Skor Pengetahuan = ( (Skor P1+P2):150) x 100


B. Jenis                               : Spiritual
Teknik / metode penilaian : Jawaban Quiz 7
Bentuk Instrumen              : Quiz
Rubik Penilaian                  :
Kriteria/Penilaian
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Perilaku Syukur
Peserta didik dapat menyebutkan 4 manfaat pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan 3 manfaat pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan 2 manfaat pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan 1 manfaat pembelajaran
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Selalu melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Sering melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Kadang-kadang melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Tidak melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Nilai Sikap = (Jumlah skor diperoleh :8) x 4
No
Nama Peserta Didik
Perilaku Syukur
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Anisa K








2
Ardiansyah








3
Arief M








4
Ayuna H








5
Dede M








6
Desi PS








7
Desi S








8
Devi N








9
Dewi N








10
Dina R









C. Jenis                               : Keterampilan
Teknik / metode penilaian : Jawaban Quiz 6
Bentuk Instrumen              : Quiz
Rubik Penilaian                  :
Kriteria Penilaian
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Quiz 5
Pesertadidik menjawab dengan benar, dan jelas
Pesertadidik menjawab dengan benar tetapi singkat
Pesertadidik menjawab sedikit benar
Peserta didik menjawab salah



Nilai Keterampilan = (jumlah skor diperoleh : 4) x 100
No
Nama Peserta Didik
Quiz 5
1
2
3
4
1.
Anisa K




2
Ardiansyah




3
Arief M




4
Ayuna H




5
Dede M




6
Desi PS




7
Desi S




8
Devi N




9
Dewi N




10
Dina R





D. Jenis                              : Aspek Sosial
Teknik / metode penilaian : Jawaban Quiz 1 dan 5
Bentuk Instrumen              : Quiz
Rubik Penilaian                  :
Kriteria Penilaian
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Disiplin dan Responsif
Pesertadidik dapat menyebutkan 3 tujuan pembelajaran secara lengkap
Pesertadidik dapat menyebutkan 3 tujuan pembelajaran
Pesertadidik dapat menyebutkan 2 tujuan pembelajaran
Pesertadidik dapat menyebutkan 1 tujuan pembelajaran


Rasa ingin tahu
Pesertadidik dapat membuat minimal 4 pertanyaan tentang ilustrasi
Pesertadidik dapat membuat minimal 3 pertanyaan tentang ilustrasi
Pesertadidik dapat membuat minimal 2 pertanyaan tentang ilustrasi
Pesertadidik dapat membuat minimal 1 pertanyaan tentang ilustrasi
Nilai Sikap = (jumlah skor di peroleh : 8) x 100
No
Nama Peserta Didik
Disiplin dan Responsif
(Quiz 1)
Rasa Ingin Tahu
(Quiz 4)
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Anisa K








2
Ardiansyah








3
Arief M








4
Ayuna H








5
Dede M








6
Desi PS








7
Desi S








8
Devi N








9
Dewi N








10
Dina R

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP hukum II dan III newton (kurtilas)

RENCANA PERENCANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran         : Fisika Kelas / Semester       : X MIA / Ganjil Materi Pokok             : Hukum Newton Tentang Gerak dan Penerapannya Sub Materi Pokok    : Hukum II dan III Newton dan Penerapannya Alokasi Waktu          : 25 menit KI 1         :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. KI 2         :   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah    lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempa...

Poster Ilmiah

      Poster adalah   pengumuman berisi gambar dan tulisan yang ditempelkan pada dinding, tembok atau tempat-tempat umum yang strategis agar mudah dilihat dan diketahui banyak orang. Dalam  pengertian  yang lain. Biasanya sebuah poster berisi imbauan yang disertai gambar berwarna agar menarik orang untuk membacanya. Tujuan poster  adalah untuk memberitahu, mengingatkan kembali dan mengarahkan pembaca ke arah tindakan tertenu.      Poster ilmiah digunakan sebagai media untuk menyampaikan hasil penelitian dalam konferensi ilmiah baik nasional maupun internasional.  Penyajian karya ilmiah sering kali lebih baik dalam bentuk poster, karena lebih efisien. Karya ilmiah yang dipresentasikan sering kali  menyajikan audiens dengan banyak hal yang tentunya dapat menjadi membosankan,  sedangkan poster, dapat dilihat kapan saja, ditempel dalam waktu yang cukup lama sehingga dapat sering d...

Tafsir Al-Qur'an Berkaitan dengan Fisika

  Ayat Al-Qur'an Berkaitan dengan Fisika Tentang Relatifitas Waktu Al-qur’an adalah wahyu yang diturunkan Allah melalui perantara malaikat Jibril   kepada nabi Muhammad SAW. Di dalam al-qur’an terdapat petunjuk bagi kehidupan umat manusia. Al-Quran merupakan sumber ilmu pengetahuan yang didalamnya terdapat ayat-ayat yang mengisyaratkan tentang perintah dan manfaat  terhadap pengembangan ilmu dan teknologi. Dalam hal ini manusia dituntut untuk mempelajari, merenungkan, memikirkan, menelaah, dan menghayati ayat-ayat Allah yang tersirat dan tersurat  dalam Al-Quran. Di dalam Al-Quran terdapat ayat-ayat Allah SWT yang menjelaskan objek kajian ilmu, yaitu alam, manusia, dan kitab suci. Alam sebagai objek kajian ilmu selanjutnya melahirkan disiplin ilmu kimia, fisika, matematika, biologi, antropologi fisik, astronomi, kedokteran, farmasi, dan lain-lain .   Tentang Relatifitas Waktu.             Te...

Materi dan soal online Teropong

 TEROPONG Teropong atau Teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh seperti gunung dan bintang agar tampak lebih dekat dan jelas. Meskipun teropong sudah digunakan sejak abad ke-17 namun sampai sekarang tidak seorang pun yakin siapa yang pertama kali menemukan teropong Memang pada tanggal 2 Oktober 1608 Hans Lippershey pernah mencoba mempatenkan teleskop yang dibuatnya, tetapi ditolak oleh dewan penilai. Kemudian pada tahun 1609 Galileo membuat sebuah teleskop yang sekarang dikenal dengan sebutan teropong panggung. Setelah itu ia membuat banyak macam teleskop dan mendapat banyak penemuan dalam bidang astronomis yang membuatnya terkenal. Jenis-Jenis Teropong Teropong dibagi menjadi 2, yaitu: Teropong bias, terdiri atas beberapa lensa Teropong pantul, terdiri atas beberapa cermin dan lensa. Untuk teropongmasih bias terbagi menjadi beberapa jenis antara lain : Teropong bintang Teropong bumi Teropong prisma Teropong ...