RENCANA
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X MIA / Ganjil
Materi Pokok : Hukum Newton Tentang Gerak dan Penerapannya
Sub Materi Pokok : Hukum II dan III Newton dan Penerapannya
Alokasi
Waktu : 25 menit
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan pro-aktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI
4 : mengolah, menalar, dan menyaji ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1
Bertambahnya keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam
dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
1.1.1Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dan kompleksitas ciptaan Tuhan dalam cakupan
Hukum II dan III Newton.
|
2.1Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
|
2.1.1. Membuat laporan berdasarkan data atau
informasi apa adanya
2.1.2.
Aktif dalam kerja kelompok
2.1.3.
Berpendapat atau melakukan kegiatan
tanpa
ragu-ragu
2.1.4.
Melaksanakan tugas individu dengan
baik
2.1.5.
Mengerjakan/mengumpulkan tugas
sesuai
dengan waktu yang ditentukan
|
3.1 Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum
Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.1.1 Mendeskripsikan bunyi hukum II dan
III Newton.
3.1.2 Mengidentifikasi
penerapan Hukum Newton II dan III dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1. Mengolah dan menganalisis data hasil
percobaan Hukum II dan III Newton
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan membaca literatur, percobaan, menanya,
mendiskusikan, menyimpulkan, dan mengomunikasikan dilengkapi dengan quiz peserta
didik diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
pengertian Hukum Newton II
2. Mengidentifikasi penerapan Hukum Newton II dalam
kehidupan sehari-hari
3. Menjelaskan
pengertian Hukum Newton III
4. Mengidentifikasi penerapan Hukum Newton III dalam
kehidupan sehari-hari
D.
Materi
Pembelajaran
·
Fakta
1.
Bola
yang semula diam, akan bergerak saat ditendang. Hal tersebut karena bola
menerima gaya dorong akibat dari tendangan.
2.
Perahu
kita akan terdorong ke depan saat kita mendayung air ke arah belakang. Gaya
dorong yang diterima perahu akan sama besar dengan gaya yang kita lakukan saat
mendayung.
·
Konsep
1. Gaya
2. Percepatan
3. Massa dan Berat
·
Prinsip
3.
Hukum II Newton
“Percepatan dari
suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada
benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya”.
Secara matematis, hukum II Newton
dapat dirumuskan sebagai berikut:
a =
percepatan (m/s2)
m = massa
benda (kg)
ΣF = resultan
gaya (N)
4.
Hukum
III Newton
“Setiap aksi akan menimbulkan
reaksi, jika suatu benda memberikan gaya pada benda yang lain maka benda yang
terkena gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima
dari benda pertama, tetapi arahnya berlawanan.”
Secara matematis, hukum III Newton dapat
dinyatakan dengan rumus berikut:
Keterangan: ΣF = resultan
gaya (N)
5.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
Pembelajaran: Scientific
Model
Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode
Pembelajaran : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
6.
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
·
Media Pembelajaran : PPT tentang
Hukum II dan III Newton .
·
Alat Pembelajaran : Papan
tulis, proyektor, dan spidol
·
Sumber
Belajar : Aip S, dkk. Praktis Belajar FISIKA SMA Jilid 1, Pusat
Perbukuan Depdiknas.
7.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Pengelolaan Kelas
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
|||
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam.
2.
Guru bersama peserta didik berdoa sebelum pelajaran
dimulai.
3.
Apersepsi:
Guru: “Pada
pembahasan sebelumnya kita telah mempelajari Hukum 1 Newton, yang berbunyi
“sebuah benda akan tetap bergerak dengan kelajuan konstan kecuali
jika pada benda bekerja gaya yang tidak
seimbang.” Contoh hukum newton 1 dalam kehidupan sehari-hari: Ketika mobil bergerak cepat dan di rem mendadak maka
penumpang akan merasa terdorong ke depan. Mobil yang dalam kondisi berhenti,
kemudian bergerak cepat ke depan maka penumpang akan terdorong ke belakang.”
· Motivasi: “Coba
pehatikan ilustrasi mengenai aplikasi hukum 1 newton di depan, “mengapa orang itu bisa terpental keluar
mobil saat direm mendadak?”Q1.”
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Q2. Peserta didik harus menuliskan
tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
|
1.
Peserta didik menjawab salam.
2.
Peserta didik bersama guru berdoa sebelum pelajaran
dimulai.
3.
Peserta didik menuliskan jawaban quis kesatu dengan
tanggungjawab, rasa ingin tahu, mengenai fenomena
yang terjadi dalam aplikasi hukum 1 newton.
Q1.
(Jawaban Terlampir)
4.
Peserta didik menulis tujuan pembelajaran yang
disampaikan oleh guru.
Q2.
(Jawaban Terlampir)
|
Klasikal
|
5 menit
|
Inti
|
·
Mengamati
1.
Guru menunjukkan
materi hokum II dan III Newton dalam media pembelajaran proyektor.
2.
Guru menunjukan
simulasi berupa gambar aplikasi hukum 1 newton dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menanya
Guru memberikan
pertanyaan kepada peserta didik berupa penjelasan gambar untuk merumuskan
masalah.
Pertanyaan:
Q3.
“Coba jelaskan apa yang di maksud resultan gaya, apa hubungan resultan gaya
dengan hukum II newton”?
·
Mengumpulkan data
Membagi
peserta didik dalam kelompok kecil.
Pernyataan:
“Sekarang coba anak-anak buat kelompok kecil”
Pertanyaan Q4.
“perhatikan gambar tentang gaya
aksi-reaksi : Ada sebuah bola digantung dengan tali pada dinding
Tentukan manakah pasangan gaya aksi-reaksi?
Q5. “Perhatikan gambar mengenai
penerapan hukum II dan III newton!
Manakah gambar penerapan hukum 2 dan 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari, dan jelaskan mengapa gambar tersebut temasuk hukum newton II atau III?
Q6. “Sebuah sedan mendorong sebuah truk yang
mogok. Massa truk jauh lebih besar
dari massa sedan. Pernyataan mana di bawah ini yang benar?”
a. Sedan memberi gaya pada truk,
tetapi truk tidak memberi gaya pada sedan.
b. Sedan memberi gaya yang lebih
besar pada truk, dibandingkan gaya truk pada sedan.
c. Gaya yang diberikan sedan pada
truk sama besarnya dengan
gaya yang diberikan truk pada sedan.
d. Truk memberi gaya yang lebih
besar pada sedan, dibandingkan gaya sedan pada truk.
e. Truk memberi gaya pada sedan,
tetapi sedan tidak memberi gaya pada truk.
Q7. Terdapat sebuah balok B
massanya 2 kg ditarik dengan gaya F yang besarnya 6 Newton. Berapa percepatan
yang dialami beban?
a.
3 ms-2
b.
4 ms-2
c.
6 ms-2
d.
8 ms-2
e.
12 ms-2
Q8. Perhatikan gambar dibawah ini!
Jika massa balok 4 kg dan antara balok dengan lantai tidak
ada gesekan, maka balok tersebut dalam keadaan..
a. Diam (tidak bergerak). b. Bergerak lurus berubah beraturan ke kanan. c. Bergerak lurus berubah beraturan ke kiri. d. Bergerak lurus beraturan ke kanan. e. Bergerak lurus beraturan ke kiri.
·
Mengasosiasi
Mengarahkan peserta didik agar dapat mengolah data atau
hasil diskusi menjadi rancangan presentasi
Q9. “Coba tuliskan ringkasan tentang materi yang telah
disampaikan?”
·
Mengomunikasikan
Guru meminta perwakilan antar kelompok untuk
menyampaikan hasil diskusi.
|
·
Mengamati
1.
Peserta didik mengamati materi hukum II dan III newton dalam
media pembelajaran proyektor.
·
Menanya
Peserta
didik menuliskan jawaban mengenai pengertian
dari resultan gaya dan hubungan resultan gaya dengan hukum II newton Q3. (Jawaban
Terlampir)
·
Mengumpulkan data
Peserta didik berkumpul
dan duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
Q4. Peserta
didik duduk berkelompok mendiskusikan
mengenai pasangan gaya aksi dan reaksi yang terlihat dari gambar.
“Peserta didik Peserta didik menuliskan jawaban (Jawaban Terlampir)
Q5.
Peserta didik menuliskan jawaban soal evaluasi yang diberikan.
(Jawaban Terlampir)
Q6. Peserta didik menuliskan jawaban soal evaluasi yang
diberikan.
(Jawaban Terlampir)
Q7. Peserta didik menuliskan
jawaban soal evaluasi yang diberikan.
(Jawaban Terlampir)
Q8. Peserta didik menuliskan
jawaban soal evaluasi yang diberikan.
(Jawaban Terlampir)
·
Mengasosiasi
Peserta didik menulis ringkasan materi
tentang hokum II dan III Newtom.
·
Mengomunikasikan
Peserta
didik sebagai perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.
|
Klasikal dan Kelompok
|
15 menit
|
Penutup
|
1.
guru
bersama peserta didik memberikan kesimpulan dari pembelajaran.
2.
Mengakhiri pembelajran dengan berdoa menurut kepercayaan masing masing.
|
1. Peserta didik
bersama memberikan kesimpulan dari pembelajaran.
2.
Peserta didik berdoa menurut kepercayaan masing masing.
|
Klasikal
|
5
menit
|
8. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Observasi Kegiatan Diskusi
|
Lembar Observasi
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tertulis
|
Soal pilihan ganda
|
3
|
Keterampilan
|
Proses Saintifik
|
Lembar Pengamatan
|
2. Bentuk
Instrumen : Lembar Pengamatan
a. Penilaian
Sikap: Lembar observasi sikap peserta didik pada saat berdiskusi dengan
kelompok ahli.
b. Penilaian
Pengetahuan: Penugasan dalam bentuk soal uraian.
Bandung,
April 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIM.
1142070017
|
NIP.
|
LAMPIRAN
A. Instrumen
Penilaian
1)
Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
LEMBAR PENILAIAN PADA
KEGIATAN DISKUSI
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X MIA / Ganjil
Topik : Hukum II dan III
Newton
Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku kerjasama, rasa ingin
tahu, dan displin sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kerjasama
(Q4)
|
Rasa
Ingin Tahu (Q1)
|
Disiplin
(Q2 dan Q3)
|
Jumlah
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
Rubrik Penilaian:
Aspek penilaian
|
Kriteria
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
|
Kerjasama
|
Sangat menunjukan
sikap kerjasama dalam diskusi
|
Menunjukkan sikap
kerjasama dalam diskusi
|
Kadang menunjukkan
sikap kerjasama dalam diskusi.
|
Belum menunjukkan
sikap kerjasama dalam diskusi.
|
Tidak menunjukkan sikap kerjasama dalam diskusi
|
Rasa Ingin Tahu
|
Sangat menunjukkan
rasa ingin tahu pada saat diskusi
|
Menunjukkan rasa
ingin tahu pada saat diskusi
|
Kadang menunjukkan
rasa ingin tahu pada saat diskusi
|
Belum menunjukkan
rasa ingin tahu pada saat diskusi
|
Tidak menunjukkan rasa ingin tahu pada saat
diskusi
|
Disiplin
|
Sangat Menunjukkan sikap disiplin pada saat
diskusi
|
Menunjukkan sikap
disiplin pada saat diskusi
|
Kadang menunjukkan
sikap disiplin pada saat diskusi
|
Belum menunjukkan
sikap disiplin pada saat diskusi
|
Tidak Menunjukkan sikap disiplin pada saat
diskusi
|
Lampiran Jawaban
Ideal:
Quiz 1: Ketika
naik mobil maka akan terjadi 2 kemungkinan,yang pertama mobil diam tiba tiba
bergerak dan ketika melaju kencang tiba tiba mobil di rem mendadak.Pada
kemungkinan pertama (mobil diam tiba tiba bergerak ),tidak terlalu berbahaya
karena Tubuh akan tertahan oleh jok mobil ,tetapi kemungkinan kedua (mobil
tiba-tiba di rem) sangat berbahaya karena tubuh cenderung bergerak dan jika
tidak memakai sabuk pengaman tubuh akan terhenyak pada dashboard.Seorang akan
mengalami gaya tekan dashboard mobil sekitar 10 kali berat badannya jika
dihentikan mendadak pada kelajuan70 km/jam. Dengan memakai sabuk pengaman maka
akan meminalisai kecelakaan. Kaitannya karena Menurut hukum Newton I suatu
benda akan cendrung mempartahankan kedudukannya.Jika benda diam cenderung tetap
diam dan jika benda bergerak maka akan cenderumg terus bergerak.
Quiz 2:
1. Menjelaskan pengertian Hukum Newton II
2. Mengidentifikasi penerapan Hukum Newton II dalam
kehidupan sehari-hari
3. Menjelaskan
pengertian Hukum Newton III
4. Mengidentifikasi penerapan Hukum Newton III dalam
kehidupan sehari-hari
Quiz
3: Resultan
gaya adalah penjumlahan dari gaya- gaya yang bekerja pada suatu benda. Sesuai dengan hukum II Newton yang
berbunyi:
"Percepatan
dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja
pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya". Bahwa resultan gaya dan hokum 2 newton saling
berhubungan.
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Quiz
1
|
Quiz
2
|
Quiz
3
|
||||||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Anisa
K
|
|||||||||||||||
2
|
Ardiansyah
|
|||||||||||||||
3
|
Arief
M
|
|||||||||||||||
4
|
Ayuna
H
|
|||||||||||||||
5
|
Dede
M
|
|||||||||||||||
6
|
Desi
PS
|
|||||||||||||||
7
|
Desi
S
|
|||||||||||||||
8
|
Devi
N
|
|||||||||||||||
9
|
Dewi
N
|
|||||||||||||||
10
|
Dina
R
|
2) Instrumen
Penilaian Kompetensi Pengetahuan:
a. Soal
Tes
NO
|
SOAL
|
JAWABAN
|
Quiz 4
|
perhatikan gambar tentang gaya
aksi-reaksi :
Ada sebuah bola digantung dengan tali pada
dinding
Tentukan manakah pasangan gaya aksi-reaksi?
|
Dik:
Pada gambar di atas gaya-gaya yang bekerja adalah
sebagai berikut.
F1 = gaya yang diberikan tali pada dinding
F2 = gaya yang diberikan dinding pada tali
F3 = gaya yang diberikan bola pada tali
F4 = gaya yang diberikan tali pada bola
w = gaya berat bola
Jawab:
F1 dan F2 serta F3 dan F4
adalah pasangan gaya aksi-reaksi. Kedua pasang gaya tersebut bekerja pada dua
benda yang berbeda dan saling berinteraksi. Besar gaya F1 dan F2 adalah sama
tetapi arahnya berlawanan. Demikian pula dengan gaya F3 dan F4.
Sedangkan gaya F2 dan F3
bukan pasangan gaya aksi-reaksi karena kedua gaya tersebut bekerja pada satu
benda yang sama, yaitu tali.
F3 dan w bukan merupakan
pasangan aksi-reaksi meskipun kedua gaya tersebut besarnya sama, berlawanan
arah, dan bekerja pada dua benda yang berbeda, karena kedua gaya tersebut
tidak saling berinteraksi.
Jadi, dari kelima gaya tersebut yang
merupakan pasangan aksi-reaksi adalah:
1. F1 dan F2
2. F3 dan F4
|
Quiz 5
|
Perhatikan gambar mengenai
penerapan hukum II dan III newton! A.
B.
C.
Manakah gambar penerapan hukum 2 dan 3 Newton dalam kehidupan
sehari-hari, dan jelaskan mengapa gambar
tersebut temasuk hukum newton 1 atau 2?
|
A.
Ketika kita duduk maka
kursi yang kita duduk memberikan gaya ke kita dengan menahan kita agar tidak
jatuh. Hukum III Newton.
B.
Ketika orang berenang, tangannya
yang bergerak mendayung juga mendesak air sehingga air medorong badan kita
untuk melaju ke depan. Hukum III newton.
C.
Ketika mendorong angkot,
seluruh penumpang turun agar massa angkot berkurang sehingga angkot mudah
untuk didorong.Hukum II Newton.
|
Quiz 6
|
Sebuah sedan mendorong sebuah truk
yang mogok.
Massa truk jauh lebih besar dari
massa sedan. Pernyataan mana di bawah ini yang benar?”
a. Sedan memberi gaya pada truk,
tetapi truk tidak memberi gaya pada sedan.
b. Sedan memberi gaya yang lebih
besar pada truk, dibandingkan gaya truk pada sedan.
c. Gaya yang diberikan sedan pada
truk sama besarnya dengan
gaya yang diberikan truk pada sedan.
d. Truk memberi gaya yang lebih
besar pada sedan, dibandingkan gaya sedan pada truk.
e. Truk memberi gaya pada sedan,
tetapi sedan tidak memberi gaya pada truk.
|
c.Gaya yang
diberikan sedan pada truk sama
besarnya dengan gaya yang
diberikan truk pada sedan.
|
Quiz 7
|
Terdapat sebuah balok B massanya 2
kg ditarik dengan gaya F yang besarnya 6 Newton. Berapa percepatan yang
dialami beban?
a.
3 ms-2
b.
4 ms-2
c.
6 ms-2
d.
8 ms-2
e.
12 ms-
|
Jawaban
Berdasarkan Hukum
Newton II
F = m.a (dengan F =
6 N dan m = 2 kg)
6 = 2a
a = 2 / 6
a = 3 ms-2
jawaban : A
|
Quiz 8
|
Perhatikan gambar dibawah ini!
Jika massa balok 4 kg dan antara balok dengan lantai tidak
ada gesekan, maka balok tersebut dalam keadaan..
a. Diam (tidak bergerak). b. Bergerak lurus berubah beraturan ke kanan. c. Bergerak lurus berubah beraturan ke kiri. d. Bergerak lurus beraturan ke kanan. e. Bergerak lurus beraturan ke kiri. |
Perhatikan dari gambar bahwa:
= 20 N- 32N = -12N
Jawaban : c Bergerak lurus berubah beraturan ke kiri
|
2.
Rubrik Penilaian Kognitif
No
soal
|
Kriteria
|
skor
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
||
Q4
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sangat sesuai dan lengkap kunci jawaban
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
menuliskan jawaban kurang sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban.
|
|
Q5
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sangat sesuai dan lengkap dan memilih gambar yang
tepat kunci jawaban
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
menuliskan jawaban kurang sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban.
|
|
Q6
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sangat sesuai dan lengkap kunci jawaban
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
menuliskan jawaban kurang sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban.
|
|
Q7
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sangat sesuai dan lengkap mencantumkan diketahui
dari soal dan ditanyakan dari soal sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
menuliskan jawaban kurang sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban.
|
|
Q8
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sangat sesuai dan lengkap mencantumkan diketahui
dari soal dan ditanyakan dari soal sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
mampu menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
menuliskan jawaban kurang sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban sesuai kunci jawaban
|
Jika peserta didik
tidak menuliskan jawaban.
|
|
Jumlah Skor
|
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Quiz
4
|
Quiz
5
|
Quiz
6
|
||||||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Anisa
K
|
|||||||||||||||
2
|
Ardiansyah
|
|||||||||||||||
3
|
Arief
M
|
|||||||||||||||
4
|
Ayuna
H
|
|||||||||||||||
5
|
Dede
M
|
|||||||||||||||
6
|
Desi
PS
|
|||||||||||||||
7
|
Desi
S
|
|||||||||||||||
8
|
Devi
N
|
|||||||||||||||
9
|
Dewi
N
|
|||||||||||||||
10
|
Dina
R
|
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Quiz
7
|
Quiz
8
|
||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Anisa
K
|
||||||||||
2
|
Ardiansyah
|
||||||||||
3
|
Arief
M
|
||||||||||
4
|
Ayuna
H
|
||||||||||
5
|
Dede
M
|
||||||||||
6
|
Desi
PS
|
||||||||||
7
|
Desi
S
|
||||||||||
8
|
Devi
N
|
||||||||||
9
|
Dewi
N
|
||||||||||
10
|
Dina
R
|
3). Instrumen Penilaian Kompetensi
Keterampilan
NO
|
Nama Peserta Didik
|
Wawasan (Q1, Q3)
|
Kemampuan
Mempresentasikan Hasil Diskusi (Q9)
|
Jumlah
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
Rubrik Penilaian
No
soal
|
Kriteria
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
|
Wawasan
|
Peserta didik
sangat mampu menganalisis dengan baik dan aktif saat diskusi
|
Peserta didik mampu
menganalisis dengan baik saat diskusi
|
Peserta didik mampu
menganalisis dengan cukup baik saat diskusi
|
Peserta didik
kurang mampu menganalisis dengan baik saat diskusi
|
Peserta didik tidak
mampu menganalisis dengan baik saat diskusi
|
Kemampuan
Mempresentasi Hasil Diskusi
|
Peserta didik mampu
mempresentasikan hasil diskusi dengan sangat baik dan mempraktekan dengan
contoh benda di sekitar
|
Peserta didik mampu
mempresentasikan hasil diskusi dengan sangat baik
|
Peserta didik mampu
mempresentasikan hasil diskusi dengan cukup baik
|
Peserta didik
kurang mampu mempresentasikan hasil diskusi dengan baik
|
Peserta didik tidak
mampu mempresentasikan hasil diskusi dengan baik
|
b. Pedoman Penskoran
Skor maksimum penilaian pengetahuan = 20
Skor maksimum penilaian sikap = 9
Skor maksimum penilaian keterampilan = 8
Nilai akhir =
x 100
Komentar
Posting Komentar